jump to navigation

sapi koq nyetrum (2) September 9, 2008

Posted by witart in bali.
Tags: , , , , , , ,
trackback

4. Sketsa instalasi Sistem Biogas Nyoman Sarma :

halaman : 1 – [2] – 3


enlarge image

Keterangan :

1 Bak pencampuran (Umpan) 5 Pipa Biogas
2 Digester 6 Penampung Biogas (Methane)
3 Bak Kontrol 7 Genset (generator listrik)
4 Bak penampungan limbah digester berisi Kompos Organik siap pakai 8 Kompor gas

Cara menyalakan genset cukup mudah. Mula-mula aktifkan Switch ON pada genset. Buka valve pada selang biogas. Genset di-starter. Kemudian switch koneksi ke jaringan listrik rumah

Untuk ukuran rumah di pedesaan, listrik dengan kapasitas 800 watt, bisa disebut lebih dari cukup. Hasil kreasi cerdas ini, ternyata mampu mengurangi beban listrik PLN, serta mengurangi pengeluaran rumah tangga, dalam konteks kebutuhan listrik dan bahan bakar di dapur.

5. Nilai keekonoman kotoran sapi

Walau tidak memiliki pendidikan formal yang utuh, Nyoman mampu berhitung. Dengan memiliki 70 ekor sapi, setiap hari dapat dihasilkan 1 ton kotoran sapi, sehingga didapatkan pupuk kompos 500 Kg. Harga jual pupuk Rp 1.000,- / Kg. Omzet pupuk mencapai rata-rata Rp 500.000,- per hari, atau Rp 15 juta per bulan. Nilai ini lebih dari cukup untuk mencukupi biaya operasional 4 orang karyawan.

Sebagian dari kotoran sapi dia gunakan sebagai biogas. Biogas ini digunakan untuk keperluan memasak dan listrik. Dari 10 ekor sapi, Nyoman Sarma dapat memperoleh listrik 800 Watt. Sisa dari pengolahan biogas dapat digunakan sebagai pupuk cair. Harga pupuk cair mencapai Rp 5.000,- per ember. Sementara urine sapi pun dia kumpulkan, karena sangat berharga. Dari urine sapi dia bisa membuat zat anti hama.

6. Gas Methane sebagai unsur utama Biogas

Biogas mayoritas terdiri dari gas methane, yang mempunyai rumus kimia CH4. Gas ini mempunyai karakteristik :tidak berbau (odorless), tidak berwarna (colorless), dan mudah terbakar. Jika terdapat cukup oksigen, pembakaran gas methane akan membentuk CO2 dan air, atau disebut pembakaran yang lengkap. Sementara jika tidak terdapat oksigen yang mencukupi, akan terbentuk CO, pembakaran yang tidak lengkap.

Menurut Ensiklopedia Britanica, gas methane dapat terkumpul pada cekungan batubara. Gas methane juga dapat terbentuk akibat dekomposisi dari tanaman yang dimakan oleh bakteri anaerob (bakteri yang hidup tanpa oksigen). Selain itu gas methane ada di dalam rumen, atau hancuran tumbuhan yang sedang dicerna dalam perut sapi.

Gas methane tersedia melimpah di alam. Bersih. Harganya murah, serta. dapat digunakan sebagai bahan bakar di rumah tangga.

7. Menarik hati peternak yang lebih muda

Kreasi yang telah dilakukan Nyoman Sarma ternyata menggugah peternak lain. Mungkin Nyoman tidak memahami, apa itu CH4 atau methane. Namun demikian, hal itu tidak menghalangi Andri Fajria, Ketua Himpunan Peternak dari Balaraja, Tangerang, pada bulan Agustus 2008, segera terbang ke Ubud. Andri mewawancarai Nyoman Sarma, sambil belajar.

Menurut Andri, Nyoman Sarma adalah seorang visioner yang mendahului zamannya dan jeli melihat peluang. Nyoman Sarma tidak patah semangat ketika gagal mendapatkan hasil penelitian. Nyoman akan terus mencari informasi, baik melalui sharing informasi dengan para turis, juga belajar dari buku-buku, serta melakukan percobaan secara mandiri (autodidact).

Domentasi Andri Fajria tentang instalasi Sistem Biogas di tempat Nyoman Sarma

kotoran sapi dan air (1) digester. (2) tempat biogas (6) genset biogas (7)

Nyoman Sarma adalah “orang lapangan” yang berprinsip “sedikit bicara, banyak bekerja”. Pertanian organik dan peternakan sapi yang dirintis Nyoman Sarma menjadi bukti keberhasilan model pertanian-peternakan terintegrasi. Kunci keberhasilannya antara lain : ketekunan dan idealisme menyelamatkan alam ini, serta menebarkan ide gaya hidup sehat

8. Mengintip negeri maju

Jika kita mengintip negeri maju, seperti Kanada, idea cerdas seperti yang dilakukan Nyoman sangat dihargai. Pemerintah daerah bahkan mendukung pembangkitan energi listrik berbasis biogas di suatu peternakan besar, Stanton, yang terletak di provinsi Ontario.

Dana sebesar 5 juta USD telah disiapkan bagi suatu pembangkit listrik dengan teknologi anaerobic digestion, pada peternakan susu sapi Laurie Stanton’s, yang memiliki 750 ekor sapi. Hal ini akan dapat menangani problem dalam skala 50 juta ton biomassa atau residu (limbah) dari tanaman dan binatang di provinsi itu, setiap tahunnya. Listrik yang dihasilkan sekitar 1.3 Megawatt listrik, cukup untuk melistriki 800 rumah tinggal.

9. Sebaran populasi sapi potensi sumber biogas di negeri ini

Menurut data pada situs dinas Peternakan Jawa Barat tahun 2007, populasi sapi perah terbanyak ada di Kab Bandung (47,958 ekor), dan Kab Garut (13,839 ekor). Sementara populasi sapi potong terbanyak ada di Kab Ciamis (31,873 ekor), dan kab Sumedang (28,463 ekor).

Data dari situs dinas Peternakan Jawa Tengah Data tahun 2006, populasi sapi perah terbanyak ada di Kab Boyolali (59.687 ekor), dan Kab Semarang (32.546 ekor). Sedangkan populasi sapi potong terbanyak ada di Kab Blora (218.575 ekor) dan Kab Wonogiri (148.816 ekor).

Data dari situs dinas Peternakan Jawa Tengah Data tahun 2007, populasi sapi perah terbanyak ada di Kab Malang (49.727 ekor), dan kab Pasuruan (45.017 ekor). Populasi sapi potong banyak terdapat di Kab Sumenep (233.470 ekor), dan kab Jember 184.202 ekor.

halaman : 1 – [2] – 3


Komentar»

1. tom - Oktober 28, 2008

dimana bisa diperoleh genset biogas itu dan berapa harganya pak?

Kata Pak Asep, yang kisah beliau saya tulis di

https://gasbio.wordpress.com/2008/09/14/oleh-oleh-dari-pelatihan-sistem-biogas/

harga genset biogas buatan China, yang dapat menghasilkan 700 sampai 1 kilowatt, sekitar 3.5 juta. Alamat email Pak Asep dapat Anda temukan di artikel itu.

Artikel lengkapnya Anda bisa lacak melalui alamat ini

https://gasbio.wordpress.com/listrikbiogas/

Jangan berharap banyak. Karena ya baru itu yang bisa saya kumpulkan, di tengah kewajiban saya yang utama.

2. jimmy owen - Maret 16, 2009

Mohon dibantu alamat dimana saya bisa membeli genset biogas. makasih. salam.

3. andrias wiji - Juli 16, 2009

Kenalkan Pak, saya Andrias Wiji dari Bandung

saat ini berkecimpung dalam pengembangan energi alternatif khususnya biogas, diawali tahun 2003 mengenalkan reaktor biogas dengan menggunakan material plastik, kontruksi sipil, dan fiber glass, serta menyediakan genset menggunakan bahan bakar biogas. harga digester dari plastik komplit mulai [protected], fiber glass komplit mulai [protected] dan genset 700 watt [protected].

jika berkehendak diskusi silahkan hubungi saya. terima kasih..

Bagaimana kalau Anda membuat laporan atau tulisan singkat tentang pengalaman Anda dalam membuat digester, serta memanfaatkan gasnya untuk memasak atau untuk listrik ?

Jika Anda tidak punya bog, bolehlah tulisan itu akan kita cantumkan dalam blog ini, sebagai karya tulis Anda, dengan Anda sebagai penulisnya.

Cantumkan juga identitas dan alamat Anda lengkap supaya mudah dihubungi.

Untuk harga, maaf saya hapus, karena dalam forum wordpress, kita tidak diperkenankan melakukan pemasaran komersial. Biarlah dengan artikel Anda, kalau ada yang tertarik bisa langsung menghubungi Anda.

Saya juga akan ikut senang jika Anda membolehkan saya untuk melihat digester produk Anda, ke tempat Anda.

4. nonot - September 9, 2009

mohon bs dibantu untuk pembelian genset bigas dimana? trus spec nya ada berapa macem..

Ada beberapa teman yang japri, mendiskusikan hal tersebut. Di Glodok kata beliau ada genset gas, yang bisa digunakan. Harganya sekitar 5 jutaan. Hanya saja genset seperti itu lumayan berisik. Sementara yang kurang berisak, harganya di atas 12 juta-an.

Maaf, tidak bisa mengungkap merek dagang, karena tidak diperkenankan untuk ditulis di blog ini…

5. Khanif - Februari 23, 2010

alamat Biogas Nyoman Sarma ada dimana ya ? kami ingin studi banding kesana.
Trima kasih infonya

Khanif


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: